Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur dan Fasilitas
Vol 6 (2022): Edisi Khusus : Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas

Evaluasi Alternatif Cross Drain di Ruas Jalan Nasional Selat Lampa – Teluk Depih – Simpang Sekunyam, Kepulauan Natuna

Farid Effendi (Karyasiswa Magister Super Spesialis Kerjasama PUPR, Departemen Teknik Sipil, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.)
Indrasurya Budisatria Mochtar (Departemen Teknik Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.)
Soendiarto Soendiarto (Direktorat Pembangunan Jalan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta.)
Zulkarnain Zulkarnain (Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kepulauan Riau, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Batam.)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2022

Abstract

Pembangunan jalan baru Selat Lampa – Teluk Depih – Sp. Sekunyam pada tahun 2018 hingga 2022 dengan panjang 14,9 km merupakan pengalihan trase dari jalan eksisting yang memiliki grade lebih dari 16% dengan tikungan tajam sehingga hanya mampu dilalui oleh kendaraan dengan bobot kurang dari 5 ton. Pada sta 0+000 – 08+240 sudah selesai dibangun pada tahun 2019. Untuk Sta 08+240 – 14+890 sedang dalam pengerjaan melalui paket kontrak tahun jamak tahun 2020 -2022. Pada Sta 10+750 dan 11+700 , perlu dilakukan evaluasi terhadap dimensi dan alternatif cross drain yang sesuai. Karena di atas lereng lokasi tersebut terlihat adanya daerah tangkapan hujan yang cukup luas yang diperkirakan dapat menghasilkan aliran air sungai yang cukup besar menuju ke laut. Metode analisis yang diterapkan pada penulisan ini meliputi analisis hidrologi yang bertujuan menghitung debit rencana dengan menggunakan metode rasional dan analisa hidrolika untuk menghitung kapasitas debit cross drain. Kedua hasil ini disesuaikan dengan kondisi kontur eksisting yang curam untuk pemilihan alternatif cross drain yang sesuai. Evaluasi menunjukkan debit limpasan pada kala ulang 50 tahun adalah 15,10 m3/detik pada sta 10+750, dan 25,55 m3/detik pada sta 11+700, maka ukuran box culvert yang direkomendasikan pada sta 10+750 adalah tipe double 4,0 m x 3,0 m, dan pada sta 11+700 adalah tipe double 6,0 m x 3,0 m. Setelah dilakukan penyesuain dengan kondisi eksisting, maka pada sta 10+750 lebih sesuai jika menggunakan jembatan busur, sedangkan pada sta 11+700 tetap menggunakan box culvert dengan penyesuaian cutting jalan pendekat atau dengan timbunan yang diperkuat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmaif

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Library & Information Science Mathematics Social Sciences Transportation

Description

Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas ditujukan untuk mengembangkan Ilmu Pengetahuan Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas di Indonesia. Jurnal ini menerima tulisan yang berisikan hasil penelitian atau hasil pengalaman profesional dalam bidang Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas ...