Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia
Vol 4, No 2 (2021): September

Respon Anak dalam Pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam Kudus

Persada, Awan Yudha (Unknown)
Fajrie, Nur (Unknown)
Ismaya, Erik Aditia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana respon anak dalam Pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam ditinjau dari aspek kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis naratif dimana penelitian ini menganalisis respon anak dalam pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam. Subjek penelitian ini adalah 5 anak sekolah dasar dan petugas situs patiayam yang dilaksanakan di Desa Terban, Jekulo, Kudus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif pendekatan kualitatif yang mengacu pada konsep Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya respon anak yang antusias dan senang secara aktif, sehingga anak memahami cara pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPMu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia is a peer-reviewed open-access journal for scholars, practitioners, and students of multicultural education. Committed to promoting educational equity for diverse students, cross-cultural understanding, and global justice for marginalized people in all ...