Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
VOL 6, NO 2 (2019): JULI

PEMAHAMAN GURU GEOGRAFI TERHADAP KONSEP DAN PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DI SMA NEGERI PULAU BUTON

Amniar Ati (Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo)
Mamat Ruhimat (Program Studi Pendidikan Geografi, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia)
Ahmad Yani (Program Studi Pendidikan Geografi, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2019

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kemampuan dalammenilai hasil belajar siswa. Berdasarkan kurikulum 2013, penilaian autentik merupakanpenilaian yang sangat tepat untuk menilai hasil belajar peserta didik. Tujuan utama dalampenelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pemahaman guru geografi terhadapkonsep dan pelaksanaan penilaian autentik di SMA Negeri Pulau Buton. Metode penelitianyang digunakan adalah metode survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secarakeseluruhan pemahaman guru geografi terhadap konsep penilaian autentik di SMA NegeriPulau Buton adalah sangat baik. Seluruh guru sudah melaksanakan penilaian autentik, namunpada proses pelaksanaannya masih ada guru geografi yang belum melaksanakan penilaianautentik secara sempurna. Pemahaman guru geografi yang baik terhadap konsep penilaianautentik tidak berdampak secara signifikan terhadap tingkat pelaksanaan penilaian autentikdalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...