Identifikasi masalah dilakukan untuk mengetahui berbagai kendala atau masalah guna memberikanbantuan untuk mengatasi permasalahan, hambatan, gangguan, kendala atau kesulitan yang terjadipada mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan teknik Daftar Cek Masalah (DCM). Metodepenelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel mahasiswa S1 tahunangkatan 2019 sebanyak 324 subjek. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan rumusprosentase. Hasil penelitian dalam artikel ini fokus membahas aspek dan indikator yang sangatbermasalah dengan nilai prosentase 51% - 100%. aspek dan indikator yang sangat bermasalah sertamemerlukan bantuan para ahli, yaitu (1) aspek kesehatan, dengan indikator masalah mahasiswa seringgugup; (2) aspek keadaan ekonomi, indikator masalah mahasiswa mengharapkan memperolehbeasiswa; (3) aspek hubungan pribadi dengan indikator masalah mahasiswa ingin memiliki teman yangakrab dan ingin hidup lebih tenang; (4) aspek kehidupan social-keaktifan berorganiasasi denganindikator masalah mahasiswa merasa malu jika berhadapan dengan orang banyak; (5) aspek kebiasaanbelajar dengan indikator masalah mahasiswa belajar kalua ada ulangan, belajar tidak teraturwaktunya, dan kalu belajar sering mengantuk; (6) aspek masa depan dan cita-cita pendidikan/ jabawatan dengan indikator masalah mahasiswa ingin melanjutkan S1/ S2/ S3 tetapi juga ingin bekerja.
Copyrights © 2022