Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol 16, No 1: Al Qalam (Januari 2022)

Pengaruh Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang

Rasman Rasman (SDN 1 Bukit Rata Kuala Simpang, Kab Aceh Tamiang)
Sofyan Sofyan (Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah Deli Serdang)
Dedy Suhery (IAIN Langsa)
Syarifah Hanim (SDN2 Seulalah Kota Langsa)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin terhadap kinerja Guru di SMP Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang, (2) untuk mengetahui dan menganlisis pengaruh motivasi terhadap kinerja Guru di SMP Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang, (3) untuk mengetahui pengaruh disiplin dan motivasi terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang. Dengan jumlah populasi di SMP Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang adalah 32 orang. Sampel pada penelitian ditentukan dengan teknik total sampling, sehingga jumlah sampel adalah 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode non tes, dengan instrumen penelitian angket dan studi perpustakaan. Analisis data menggunakan SPSS dengan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang sebesar 0,797 terhadap Kinerja Guru sehingga dapat di simpulkan Disiplin yang memadai  dapat  menentukan Kinerja Guru juga akan tinggi walaupun  ada variable lain yang mendukung untuk melihat hasil kinerja seorang Guru. Terdapat pengaruh  positif tetapi tidak  signifikan  Motivasi  terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang sebesar 0,022 terhadap Kinerja Guru sehingga dapat di simpulkan Motivasi  yang  memadai dapat menentukan Kinerja Guru juga akan tinggi walaupun ada variabel lain yang mendukung untuk melihat hasil kinerja seorang Guru. Secara simultan dapat dilihat bahwa variabel independen Disiplin dan  Motivasi memiliki nilai signifikan α (0,000 < 0,05 dan nilai fhitung > ftabel (89,277 > 3,32). Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Disiplin dan Motivasi berpengaruh secara signifikan dan simultan terhadap Kinerja Guru. Sehingga hal ini berarti semakin tinggi Disiplin dan Motivasi semakin baik pula Kinerja Guru. Dan sebaliknya semakin rendah Disiplin dan Motivasi maka Kinerja Guru  semakin kurang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...