Jurnal Ilmu Pertanian Tirtayasa
Vol 3, No 2 (2021)

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BERAS MEREK CIBERANG DI KABUPATEN LEBAK

Robby Mubarok (Unknown)
Suherna Suherna (Unknown)
Dian Anggraeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2021

Abstract

Beras adalah salah satu komoditi yang menjadi bahan pangan pokok di Indonesia. Beras merek Ciberang adalah salah satu beras berkualitas di Kabupaten Lebak. Jumlah perusahaan beras yang semakin meningkat menciptakan tingkat persaingan bisnis pemasaran beras antar perusahaan menjadi ketat. Hal tersebut membuat produsen beras merek Ciberang perlu melakukan strategi pengembangan pemasaran yang tepat agar dapat maju dan bertahan. Untuk itu dilakukan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal serta melakukan perumusan strategi alternatif pengembangan pemasaran. Perumusan strategi diperoleh dengan alat bantu analisis berupa matriks Internal Faktor Evaluation (IFE), External Faktor Evaluation (EFE), Internal External (IE), Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT), dan Grand Strategy Matrix. Hasil analisis SWOT menunjukkan dua belas alternatif strategi, sedangkan hasil dari metode Grand Strategy Matrix menunjukkan pengembangan pasar dan produk merupakan prioritas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Ilmu Pertanian Tirtayasa merupakan publikasi ilmiah berkala yang diterbitkan Program Studi Ilmu Pertanian Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Artikel yang dimuat merupakan hasil penelitian terhadap teori dan praktek penerapan ilmu pertanian dalam arti luas, meliputi Ilmu Tanaman, ...