Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 1 No. 4 (2021): EduTIK : Agustus 2021

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK

Gledis Sonia Rosaline Mamuaya (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Herry Sumual (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Peggy Veronika Togas (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain pretest-posttest control group design, dan variabel yang akan diamati adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional (Ceramah). Penelitian ini dilaksanan di SMK N 1 Kakas, pada dua kelas berjumlah 20 siswa pada masing-masing kelas yang dipilih secara acak. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional, dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pernyataan ini didasarkan pada hasil uji hipotesis terhadap hasil posttest kedua kelompok, hasilnya yaitu nilai thitung = 7,152 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 20 adalah 2,127, terlihat bahwa thitung 7,152 > 2,127 ttabel.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Jurnal Edutik merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Jurnal ini hadir sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkontribusi dalam ...