Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 4, No 1 (2021): Juni 2021

Pengaruh Media Pembelajaran Dalam Tatanan Model Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia

Dian Perayanti Sinaga (UNIVERSITAS SIMALUNGUN)
Irwan Lihardo Hulu (UNIVERSITAS SIMALUNGUN)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis android talam tatanan model Guided Inquiry terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan manusia dikelas XI SMA YPK Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 105 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sample dilakukan secara random, dengan menggunakan cluster random sampling diperoleh 2 kelas yaitu XI MIPA 1 (35 orang) dan XI MIPA 3 (35 orang) sehingga jumlah sample sebanyak 70 orang. Analisis data dilakukan dengan menentukan uji normalitas, homogenitas, uji validitas dan reabilitas, dan hipotesis dibultikan dengan uji t. pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas ekperimen sebesar 89,29. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 88,57. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung (2,53) ttabel (1,66), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh media pembelaaran berbasis Android dalam tatanan model Guided Inquiry terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiatar Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil keseluruhan angket media pembelajaran berbasis android menunjukkan hasil pernyataansangat setuju 40,42%, pernyataan setuju sebesar 50,55% dan selebihnya siswa memilih opsi pernyataan lainnya sebesar 9,03% dan hasil angket media pembelajaran berbasis Android menunjukkan bahwa indikator media dapat memudahkan siswa mencapai nilai tertinggi sebesar 20,35% dan indikator terendah sebesar 1,07%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...