Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 3, No 2 (2020): September 2020

Peningkatan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Berbasis Proyek di Kelas X SMA Yayasan Perguruan Keluarga Kota Pematangsiantar

Irwan Lihardo Hulu (Universitas Simalungun)
Dian Perayanti Sinaga (Universitas Simalungung)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran biologi SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA-1 SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model kolaborasi yang mengutamakan kerjasama antara guru, dan peneliti. Instrumen dalam penelitian ini meliputi tes berpikir kritis yang berjumlah 20 soal, dan sikap ilmiah siswa diukur menggunakan lembaran observasi. Sebelum dijadikan alat pengumpul data instrumen yang telah disusun terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukarannya. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil peningkatan berpikir kritis siswa yakni pada siklus I sebesar 64,50 lalu meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 77,50. Pada sikap ilmiah siswa dari setiap pertemuan mengalami peningkatan, yang pada siklus I meningkat menjadi 55% pada pertemuan 1, lalu meningkat kembali menjadi 60% pada pertemuan II. Dan pada siklus II sikap ilmiah siswa meningkat menjadi 75% pertemuan 1 dan meningkat menjadi 85% pada pertemuan 2 siklus II. Dari hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa di kelas X SMA YPK Pematangsiantar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...