Refleksi Pembelajaran Inovatif
Vol 3, No 2 (2021): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2021

Pengembangan Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Mata Kuliah Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia

Ridwan Ridwan (Fakultas Hukum, Universitas Islam Indonesia)
Sufriadi Sufriadi (Fakultas Hukum, Universitas Islam Indonesia)
Nurmalita Ayuningtyas Harahap (Fakultas Hukum, Universitas Islam Indonesia)
Siti Rahma Novikasari (Fakultas Hukum, Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan metode pembelajaran mata kuliah Pendidikan Pancasila di Fakultas Hukum UII dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning berbasis pembelajaran dalam jaringan (daring). Masalah pembelajaran yang akan dipecahkan dalam penelitian adalah: Pertama,Bagaimana ketercapaian learning outcome Mata Kuliah Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara metode pembelajaran Problem Based Learning berbasis pembelajaran dalam jaringan (daring). Kedua, Bagaimana pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning berbasis pembelajaran dalam jaringan (daring) dalam meningkatkan keaktifan mahasiswa pada Mata Kuliah Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara di Fakultas Hukum UII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan dua macam instrumen yang diterapkan di dua kelas Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara, yaitu menggunakan pengukuran nilai dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, telah terdapat ketercapaian learning outcome dalam Mata Kuliah Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara dengan pengukuran nilai rerata dari 79,6% atau 39 mahasiswa yang menunjukkan ketercapaian learning outcome (CPMK 1-4) dengan benggunakan standar yang ditapkan oleh tim yakni standar nilai B dan hasil kuisioner menyimpulkan mahasiswa memberikan nilai di atas nilai baik baik pada aspek penilaian pelaksanaan PBL dan Video Pembelajaran. Dengan adanya PBL meningkatkan keaktifan mahasiswa di dalam kelas, serta video pembelajaran membantu mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan. Adapun terkait keberlanjutan program hibah, terhadap luaran program hibah berupa video pembelajaran direncanakan untuk mendapatkan legalisasi Hak Cipta atas video pembelajaran. Bagi Program Studi dan Jurusan hendaknya menindaklanjuti hasil refleksi dari hibah ini dengan melakukan revisi CPMK dan Bahan Kajian yang ditemukan pengulangan dengan mata kuliah lain. Selain itu juga mendorong dosen-dosen lain untuk mengikuti hibah pembelajaran yang diselenggarakan oleh DPA dan diharapkan dapat mengadopsi model PBL ini khususnya bagi mata kuliah yang memiliki level kognitif sama. Kemudian, perlunya dibuat buku saku penerapan metode PBL sebagai panduan dalam pembelajaran di berbagai mata kuliah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

RPI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Refleksi Pembelajaran Inovatif (RPI) adalah jurnal yang ditebitkan oleh Direktorat Pengembangan Akademik (DPA), Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, yang terbit dua kali dalam setahun. RPI menerima dan mempublikasikan artikel ilmiah, baik berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris, yang ...