JURNAL PAUD AGAPEDIA
Vol 4, No 2 (2020): Desember 2020

DESAIN MEDIA RODA PUTAR UNTUK MEMFASILITASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK PADA KELOMPOK B

Kristina, Tina (Unknown)
Elan, Elan (Unknown)
Rahman, Taopik (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Linguistic Verbal Intelligence is the ability to use language both verbally and in writing. Children with verballinguistic intelligence have a very good listening ability, besides that they are children who are good atspeaking properly. For this reason, there is a need for supporters to assist children in facilitating verballinguistic intelligence, one of which is using learning media as a tool to convey material messages. Of coursewith learning media that can attract the attention of children, so that children can focus and the learningprocess runs effectively. One of the media that can be used to facilitate children's verbal linguistic intelligenceis the wheel media. This spinning wheel media is media that provides more interesting visualizations forchildren. Researchers conducted a preliminary study at RA Fastabiqul Khairat and have found the problemthat each learning process rarely uses media. The media used is only a poster or picture on a LKA book orchildren's magazine. Even though children at the age of 5-6 years still need new things that are interesting sothey can provide motivation to learn and new insights. As a result of the identification and analysis of theproblem, the researchers followed up by designing and developing the media as a one of soslusi wheels tofacilitate verbal linguistic intelligence of children in group B. The method in this study uses the Design BasedResearch (DBR) method using a qualitative approach. Products are designed using the main ingredientsnamely plywood, wood, flannelette and impraboard. Data collection is by interview and expert validation.Overall the product is declared suitable for use as a learning medium to facilitate verbal linguisticintelligence of children aged 5-6 years.Keywords: Early Childhood, Linguistic Verbal Intelligence, Wheel Rotate’s MediumABSTRAKKecerdasan Verbal Linguistik merupakan kemampuan dalam menggunakan bahasa baik secara lisan maupuntulisan. Anak-anak dengan kecerdasan verbal linguistik ini memiliki kemampuan menyimak yang sangat bagus,selain itu merupakan anak yang pandai berbicara dengan tepat. Untuk itu perlunya pendukung guna membantuanak dalam memfasilitasi kecerdasan verbal linguistiknya, salah satunya yaitu menggunakan mediapembelajaran sebagai alat untuk menyampaikan pesan materi. Tentu dengan media pembelajaran yang dapatmenarik perhatian anak, sehingga anak dapat fokus dan proses pembelajaran pun berjalan dengan efektif. Salahsatu media yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kecerdasan verbal linguistik anak adalah media rodaputar. Media roda putar ini adalah media yang memberikan visualisasi lebih menarik bagi anak. Penelitimelakukan studi pendahuluan di RA Fastabiqul Khairat dan telah menemukan masalah bahwa setiap prosespembelajraran jarang menggunakan media. Media yang digunakan hanya sebuah poster atau gambar padasebuah buku LKA atau majalah anak. Padahal anak pada usia 5-6 tahun ini masih membutuhkan hal-hal baruyang menarik sehingga dapat memberikan motivasi belajar serta wawasan baru. Hasil dari identifikasi dananalisis masalah tersebut, peneliti menindak lanjuti dengan merancang dan mengembangkan media roda putarsebagai salah satu soslusi guna memfasilitasi kecerdasan verbal linguistik anak pada kelompok B. Metode dalampenelitian ini menggunakan metode Design Based Research (DBR) dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Produk dirancang menggunakan bahan utama yaitu triplek, kayu, kain flanel dan impraboard. Pengumpulandata yaitu dengan wawancara dan validasi ahli. Secara keseluruhan produk dinyatakan layak digunakan sebagaimedia pembelajaran untuk memfasilitasi kecerdasan verbal linguistik anak usia 5-6 tahun.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

agapedia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PAUD Agapedia adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil kajian dan penelitian terkait pendidikan anak usia dini dari perspektif mutidisipliner. Jurnal ini bertujuan untuk memperluas dan menciptakan inovasi konsep, teori, paradigma, perspektif dan metodologi dalam mengembangkan pendidikan ...