Tujuan dalam penelitian ini adalah: Mendeskripsikan bagaimana persepsi orang tua siswa terhadap pembiayaan pendidikan di bimbingan belajar. Teknik pengumpulan data lebih banyak lebih banyak pada observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun instrument pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi, dan Pedoman Wawancara. Metode analisis data melalui empat tahap, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan persepsi orang tua siswa SMA terhadap biaya pendidikan di Lembaga bimbingan belajar yang relatif mahal adalah hal yang wajar karena berperan sebagai pendidikan bayangan yang terjadi di luar saluran formal sistem pendidikan yang dirancang untuk meningkatkan peluang siswa untuk berhasil ke level pendidikan yang lebih tinggi. Orang tua siswa juga setuju bahwa banyaknya biaya pendidikan di Lembaga bimbingan belajar yang dikorbankan berbanding lurus dengan fasilitas serta layanan pendidikan yang diperoleh. Secara umum, para orang tua tidak akan keberatan mengeluarkan biaya pendidikan dan akan berupaya memenuhi kebutuhan pendidikan anak karena mereka sadar untuk menyiapkan masa depan anak yang baik diperlukan biaya yang tidak sedikit. Mereka dengan sadar mengakui pendidikan adalah investasi penting dan wajib untuk masa depan anak yang lebih baik dan menjadi pribadi yang mempunyai kualitas baik.
Copyrights © 2022