JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 10 No 1 (2022): Vol.10. No.1 2022

VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING IPA BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS SISWA SMP

Rahma Safirah (Universitas Negeri Surabaya)
Fida Rachmadiarti (Universitas Negeri Surabaya)
Muslimin Ibrahim (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2022

Abstract

Pendidikan di masa pandemi Covid-19 dilaksanakan melalui pembelajaran daring. Pelaksanaan pembelajaran daring menjadi dasar semakin meningkatnya teknologi dan inovasi ilmu pengetahuan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong terciptanya pendidikan abad 21. Literasi sains merupakan salah satu kemampuan melatihkan kecakapan hidup abad 21 melalui pemahaman dan pengaplikasian ilmu pengetahuan yakni mencari sebuah solusi dalam pemecahan masalahan. Kemampuan literasi sains siswa dapat dilatihkan melalui pemberlajaran berbasis model inkuiri terbimbing dengan menggunakan perangkat pembalajaran yang baik. Tujuan artikel ini adalah mendeskripsikan hasil validitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan untuk melatihkan literasi sains. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKPD, dan penilaian literasi sains. Metode penelitian mengacu pada desain pengembangan model Dick and Carey dengan modifikasi sesuai kebutuhan pembelajaran dan pelaksanaan penelitian hanya sampai pada tahap pengembangan. Berdasarkan hasil analisis validitas menggunakan validitas Aiken’s diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan hasi yang valid sehingga mampu digunakan untuk melatihkan literasi sains siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...