Jurnal Kolaboratif Sains
Vol. 2 No. 1: Oktober 2019

SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN SAPI POTONG DI DESA TANJUNG PADANG KECAMATAN SIRENJA KABUPATEN DONGGALA

Ma’ruf Ma’ruf (Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu)
Haeruddin Haeruddin (Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu)
Syaiful Bachri (Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2019

Abstract

Secara nasional Indonesia masih belum mampu memenuhi dan mencukupi kebutuhan permintaan daging sapi dalam negeri.  Melihat fenomena dan kenyataan tersebut, masyarakat peternakan di Kabupaten Donggala memanfaatkan kesempatan sebagai peluang. Peternakan rakyat merupakan usaha peternakan yang sangat potensial untuk ditumbuh kembangkan dan memegang peranan yang besar bagi perkembangan populasi ternak khususnya ternak sapi potong dan memberikan kontribusi terhadap  pendapatan keluarga yang dominan setelah pertanian tanaman pangan dan hortikultura.  Permasalahannya adalah bagaimana saluran dan berapa besar margin pemasaran sapi potong di Desa Tanjung Padang  Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Penelitian bertujuan, mengetahui bentuk saluran dan besarnya margin pemasaran sapi potong di Desa Tanjung Padang Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) dan dilaksanakan bulan Maret sampai bulan Mei 2019.  Pengambilan data responden dilakukan secara sensus yakni mengambil semua peternak (20 orang) dan semua pedagang sapi ( 6 orang)  di Desa Tanjung Padang Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala, sehingga keseluruhan responden berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran sapi potong di Desa Tanjung Padang melalui 3 saluran pemasaran yaitu  : saluran pemasaran 1  ; peternak   ke   pengumpul  ke pengecer/ pemotong  ke konsumen, saluran pemasaran 2  ; peternak    ke    pengecer/ pemotong  ke konsumen,  saluran pemasaran 3  ; peternak    ke   perantara   ke   pengumpul   kepengecer/ pemotong    ke   konsumen  serta besar margin  pemasaran  masing-masing   saluran pemasaran adalah, saluran pemasaran 1 sebesar   Rp 1.306.250, saluran pemasaran 2  sebesar Rp 897.059 dan saluran pemasaran 3 sebesar Rp 1.977.273. Kata kunci : sapi potong, saluran pemasaran dan margin pemasaran.

Copyrights © 2019