J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 2, No 3 (2021): OKTOBER

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TIPE DIRECT INSTRUCTION

Nuryanti, Eva (Unknown)
Heryati, Tati (Unknown)
Ilah, Ilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

 Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik merupakan permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan (sekolah)  karena faktor ini merupakan salah satu hal yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar,atas dasar itulah yang melatar belakangi penelitian ini ,  salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam rangka meningkatkan hasil belajar yaitu dengan memilih model pembelajaran dengan tipe pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran PAIKEM tipe Direct 2) peningkatan hasil belajar dengan menerapkan metode konvensional 3) peningkatan hasil belajar yang menerapkan model PAIKEM tipe Direct Intruction dengan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (quasi eksperimental ) dengan desain nonequivalentt  qontrol group desain dengan analisis data uji t. Penelitian ini menyimpulkan hasil belajar yang menerapkan  model pembelaajran PAIKEM Tipe Direct Instruction lebih tinggi dibanding dengan metode konvensioanl.Kata kunci:  Direct Instruction, Kemampuan Berpikir Kritik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...