J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 2, No 3 (2021): OKTOBER

PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING

Fazriah, Rizka Siti (Unknown)
Toto, Toto (Unknown)
Nuraida, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa SMK menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan strategi Scaffolding. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan design Quasi eksperiment dengan menggunakan The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X AKL di SMK PGRI Cikoneng. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi matematis. Metode pengumpulan data  yang digunakan adalah metode tes yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran (Pretest dan Postest). Data analisis menggunakan Uji N-Gain, Uji Prasyarat dan Uji t’. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan Scaffolding dengan model konvensional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...