J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 2, No 3 (2021): OKTOBER

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE MATLAB

Saefulloh, Yusef Aprilian (Unknown)
Sunaryo, Yoni (Unknown)
Zakiah, Nur Eva (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan software matlab pada materi matriks. Adapun metode penelitian yakni metode kuasi eksperimen dengan desain kelompok pretest-postest, dengan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantuan software matlab lebih baik dari pada kelas kontrol. dengan hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelas eksperimen dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan software matlab memperoleh nilai rata-rata N-gain 0,49. Artinya pembelajaran berbasis masalah berbantuan software matlab dapat meningkatkan kemampuan berpikirr kreatif dengan kategori sedang. Kelas kontrol dengan pembelajaran berbasis masalah memperoleh nilai rata-rata N-gain 0,24. Artinya pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan kategori rendah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...