NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 8, No 5 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PERAN PEMBIMBING KEMASYARAKATAN DALAM PROSES DIVERSI BAGI KLIEN ANAK DI BAPAS KELAS II KLATEN

Mukhtar Abdul Latif (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan)
Ali Muhammad (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Tulisan ini membahas isu tentang Peran Pembimbing Kemasyarakatan dalam upaya diversi pada anak berkonflik dengan hukum (ABH) di Balai Pemasyarakatan Kelas II Klaten dimana diversi merupakan wujud pemenuhan hak-hak anak dengan mengedepankan prinsip kepentingan terbaik bagi anak, Anak adalah sebuah generasi yang seharusnya kita lindungi anak merupakan suatu harapan yang akan menjadi penerus cita-cita dari perjuangan bangsa dan negara ini, Pembimbing kemasyarakatan adalah aparatur sipil Negara yang diberi wewenang untuk melakukan proses pembimbingan masyarakat serta memberikan rekomendasi dalam upaya diversi pada anak berkonflik dengan hukum.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan kejadian atau fakta, Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini peran Pembimbing Kemasyarakatan sangatlah penting dalam upaya diversi terhadap anak yang berkonflik dengan hukum, dengan melihat manfaat diversi yang mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak serta menjadikan masyarakat lebih aktif dalam kontrol sosial.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...