JOM FTK UNIKS : Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Kuantan Singingi
Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Kuantan

IMPLEMENTASI STRATEGI QUANTUM QUOTIENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII¹ DI SMP MUTU TELUK KUANTAN

Putri Ayu (Unknown)
Bustanur Bustanur (Unknown)
Zulhaini Zulhaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi semakin banyaknya model atau strategi Pembelajaran di dunia pendidikan, berdasarkan hasil studi yang penulis lakukan pada mata pelajaan Pendidikan Agama Islam ada beberapa gejala yang penulis temukan yaitu: Nilai yang dimiliki peserta didik masih ada yang rendah dalam pembelajaran yaitu dibawah KKM yang KKM nya 78. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas VIII¹ di SMP Mutu Teluk Kuantan yang berjumlah 36 orang sedangkan objek adalah implementasi strategi Quantum Quotient dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII¹ mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Mutu Teluk Kuantan. Berdasarkan hasil pengumpulan data dengan cara observasi, tes, wawancara dan dokumentasi, maka dianalisis data dengan menggunakan siklus. Disimpulkan bahwa implementasi strategi Quantum Quotient dalam pembelajaran PAI pada peserta didik VIII¹ di SMP Mutu Teluk Kuantan adalah “sangat baik” ini terlihat dari hasil observasi bahwa semenjak dari pra siklus sebelum implementasi strategi Quantum Quotient nilai peserta didik hanya menunjukkan 77,4, siklus I setelah penerapan strategi Quantum Quotient nilai peserta didik naik menjadi 80,3, kemudian sikluss II 81,1, dan terus naik pada siklus III yaitu mencapai angka 82,0.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JOM

Publisher

Subject

Religion Chemistry Education

Description

Pendidikan Kimia yang mencakup pengembangan model/media pendidikan dan menerapkan hasil penelitian laboratorium di bidang pengembangan pendidikan kimia yang terintegrasi dengan konsep ...