Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan e-modul pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI SMKN 1 Tilatang Kamang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dikategorikan ke dalam jeni quasiexperiment design dengan desain posttest only controlgroup pengumpulan data dilakukan menggunakan soal posttest, adapun uji yang dilakukan Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji daya beda, Uji tingkat kesukaran soal diperoleh hasil dari data 30 butir soal yang disebarkan terdapat 4 soal yang tidak valid dengan tingkat reliabilitasnya 0,87 dan berkategori sangat tinggi. Analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 89,9 dan kelas kontrol sebesar 86,4. Dari perhitungan diperoleh nilai effect size sebesar 1,65 dengan kategori besar. Dapat disimpulkan bahwa e-modul instalasi penerangan listrik di SMK Negeri 1 Tilatang Kamang efektif digunakan sebagai bahan ajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021