JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Meningkatkan Integrasi Nasional melalui Implementasi Nilai-Nilai Bhinneka Tunggal Ika

Dinarti, Novi Suci (Unknown)
Dewi, Dinie Anggraeni (Unknown)
Furnamasari, Yayang Furi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2021

Abstract

Indonesia merupakan negara yang majemuk. Indonesia dalam membangun atau menyelenggarakan suatu kehidupan nasional selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam satu wadah yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika sebagai salah satu kekayaan yang mampu mempersatukan berbagai latar belakang keadaan dan masyarakat Indonesia. Indonesia mempunyai keberagaman bahasa, budaya, agama, suku, etnis dan ras antargolongan. Bhinneka Tunggal Ika juga merupakan dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan dikarenakan, bangsa Indonesia membutuhkan sarana yang dapat mempersatukan keberagaman yang ada, tanpa adanya Bhinneka Tunggal Ika kemungkinan akan terjadi konflik akibat keberagaman yang ada di masyarakat Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalamBhinneka Tunggal Ika yakni;1) Nilai keberagaman ras dan etnis, 2) Membangun nilai keberagaman invkusivisme, 3) Nilai kesadaran budaya multicultural, 4) Membangun nilai sensitivitas gender, 5) Membangun nilai toleransi. Pemahaman nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika merupakan syarat integrasi nasional didalam masyarakat multicultural, nilai-nilai budaya, bangsa sebagai keutuhan, kesatuan, dan persatuan negara bangsa harus tetap dipelihara sebagai pilar nasionalisme. Metode yang digunakan dalam studi ini, menggunakan metode kuatitatif dengan study litelatur.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...