JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Mengenal Indentitas Nasional Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa untuk Menghadapi Tantangan di Era Globalisasi

Aulia, Lulu Rahma (Unknown)
Dewi, Dinie Anggraeni (Unknown)
Furnamasari, Yayang Furi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2021

Abstract

Identitas nasional berkaitan dengan nilai-nilai, sejarah, dan cita-cita yang menyatukan suatu kelompok masyarakat dalam suatu ikatan. Identitas nasional dipahami sebagai suatu kondisi. Salah satu faktor yang mempengaruhi dinamika identitas nasional adalah globalisasi. Globalisasi dimaknai sebagai kebebasan masyarakat dunia dalam mengembangkan berbagai aspek kehidupan seperti ilmu pengetahuan, teknologi, nilai-nilai, dan budaya yang memungkinkan masuknya budaya luar dan ditakutkan terkikisnya budaya lokal atau bahkan matinya budaya lokal. Penelitian menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan berbagai referensi baik sumber primer dan dan sumber sekunder seperti jurnal, buku, artikel, laporan penelitian, dan berbagai jenis informasi yang didapatkan dari situs-situs internet. Studi literatur dilakukan untuk memperkuat permasalahan yang dikaji dan menjadi dasar dalam memberikan berbagai argumen mengenai mengenal identitas nasional Indonesia dan menghadapi tantangan identitas nasonal Indonesia dan upaya untuk merawat identitas nasional di era globalisasi. Terdapat tantangan dalam mempertahankan identitas nasional di era globalisasi antara lain 1) hedonisme, 2) memudarnya sikap gotong royong, 3) memudarnya rasa nasionalisme dan patriotism dan 4) memudarnya sikap sopan santun. Adapun upaya untuk mempertahankan 1) menerapkan nilai-nilai Pancasila, 2) menanamkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme, 3) mengutaman sikap persatuan dan kesatuan dan 4) memanfaatkan situs jejaring sosial.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...