JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Rasa Nasionalisme pada Siswa Sekolah Dasar

Sastradipura, Rizty Azzahra (Unknown)
Dewi, DinieAnggraeni (Unknown)
Furnamasari, Yayang Furi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2021

Abstract

Nasionalisme adalah nilai luhur Pancasila yang perlu dimiliki peserta didik sebagai generasi penerus bangsa untuk mengisi kemerdekaan dan mampu memberikan kontribusi bagi negara sehingga dapat terwujud karakter peserta didik yang dapat berdaya saing dan tangguh di tengah era globalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan rasa nasionalisme pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskrifptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur dari berbagai sumber seperti buku, jurnal dan yang lainnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peran guru pendidikan kewarganegaraan sangat penting dalam meningkatkan sikap nasionalisme pada siswa sekolah dasar yaitu Guru pendidikan kewarganegaraan sebagai pembimbing, Guru PPKn sebagai jembatan antar generasi, Guru pendidikan kewarganegaraan sebagai Stimulus kreativitas dan Guru pendidikan kewarganegaraan sebagai Otoritas. Sedangkan bentuk sikap Nasionalisme pada siswa sekolah dasar sebagai berikut: Sikap Nasionalisme dalam hal bangga menjadi bangsa Indonesia, Sikap Nasionalisme dalam hal rela berkorban, Sikap Nasionalisme dalam hal menerima kemajemukan dan Sikap Nasionalisme dalam hal menghargai jasa para pahlawan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...