JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Analisis Pola Asuh Demokrtis Orang Tua dan Implikasinya pada Perkembangan Sosial Anak di Desa Koto Iman Kabupaten Kerinci

Husna, Amalia (Unknown)
Suryana, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun yang mengalami perkembangan yang pesat dan cepat, sehingga memebutuhkan stilmulus & rangasangan yang tepat untuk mendukung perkembangannnya. Adapun yang menjadi fokus pada perkembangan anak atau dikenal dengan istilah aspek-aspek perkembangan anak usia dini diantaranya: (a) nilai agama dan moral; (b) Fisik-motorik; (c) Kognitif; (d) Bahasa; (e) Sosial-emosional; (f) Seni. Perkembangan sosial adalah kemampuan berperilaku yaitu perilaku, sikap dan peran, yang diterima dilingkungan sosialnya, serta perkemabangan interaksi sosial. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak adalah lingkungan keluarga. Sebagian besar penyebab permasalahan sosial pada anak berasal dari lingkungan keluarga yang buruk. Untuk itu, orang tua juga akan memiliki peranan penting bagi anak untuk mengatasi permasalahan sosial yang dialami anak dan memebantu perkembangan sosial anak. Salah satu caranya adalah, orang tua harus memiliki pola asuh yang baik untuk mendukung perkembangan sosial pada anak. Pola asuh Demokratis dinggap memiliki dampak yang baik, dan pola asuh yang paling ideal untuk mendukung perkembangan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk Analisis Pola Asuh Demokratis dan Implementasinya pada Perkembangan Sosial Anak di Desa Koto Iman Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak di Desa Koto Iman, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi pada 5 keluarga yang memilki anak berusia 4-5 tahun dan menerapkan pola asuh demokratis. Hasil penelitian menunjukkan anak-anak di Desa Koto Iman Kabupaten Kerinci yang orang tuanya menerapkan pola asuh demokrtis memilki perkembangan sosial yang baik, terlihat dari kompetensi perkembangan sosial yang sudah dicapai oleh anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...