JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Pengaruh Metode Bermain Bowling Aritmatika untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Az-Zahra

Astuti , Yeni (Unknown)
Suryana, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Pengaruh Metode Bermain Bowling Aritmatika untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Az-Zahra Masalah dalam penelitian ini adalah masih ada sebagian anak yang perkembangan kognitifnya masih jauh dari indikator pencapaian perkembangan kognitif yang sesuai dengan usia anak. Terutama pada kegiatan yang dipilih guru dalam mengoptimalkan stimulus untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak. Oleh karena itu peneliti memilih metode bermain bowling aritmatika ini sebagai salah satu upaya kegiatan yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode bermain bowling aritmatika untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Az-zahra. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yang secara khusus menggunakan purposive sampling dengan menggunakan metode ex-post-facto guna untuk mengetahui hubungan sebab dan akibat. Adapun prosedur pengolahan data yang akan dilakukan ialah melalui tahap uji normalitas, linier dan homogen. Setelah dilakukan uji tersebut maka selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan linear sederhana dengan tingkat kepercayaan 95% (?<0,05). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia dini di TK Az-zahra kecamatan Ranah Batahan yang berjumlah 32 anak. Adapun hasil temuan dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh metode bermain bowling aritmatika untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Az-zahra.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...