JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. PLN(Persero) Solok Selatan”

Yonita, Riza (Unknown)
Ravelby, Thesa Alif (Unknown)
Suwandhani, Deni (Unknown)
Suhery, Suhery (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk melihat bagai mana gaya kepemimpinan dan bagaimana lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan PT PLN (Persero) Solok Selatan.Poulasi yang digunakan pada penelitian ini adalah keseluruhan karyawan yang berkerja pada PT PLN (Persero) Solok Selatan yang berjumlah 43 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. pengumpulan data diperoleh dari hasil pengisian, dengan teknik analisis meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji linier berganda, uji hipotesis, uji koefisien determinasi , uji t dan uji f. Dari hasil penelitian data yang di gunakan secara keseluruhan di nyatakan valid (Sig. 2-tailed) kurang dari 0,05. variabel gaya kepemimpinan(X1) yang bernilai positif menunjukkan bahwa adanya pengaruh hubungan yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinani terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Solok Selatan, Hasil penelitian variabel lingkungan kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan antara lingkungan kerja dengan kepuasan kerja. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung<ttabel( 2,301< 1,681 ) dengan tingkat signifikan (0,27) Hasil uji F, didapatkan nilai F hitung35,736 > F tabel 2,82dengan nilai sig 0.000< 0,05, makaH3 diterima dan Ho ditolak. Hasil nilai R2 adalah 0,641. Hal ini dapat diartikan bahwa gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan kerjadengan persentase sebesar 64,1%, sedangkan sisanya 35,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...