JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Pengaruh aplikasi Whatsaap terhadap motivasi belajar siswa SMP Qur’an Al Fajar pada pembelajaran Matematika di Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis

Hidayat, Amirul (Unknown)
Hidayati, Dian (Unknown)
Usmar, Rahmannisa Juita (Unknown)
Nurilahi, Anis (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aplikasi Whatsapp terhadap motivasi belajar siswa yang dimana diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memperbaiki motivasi belajar siswa SMP Qur’an Al Fajar Khususnya dan kepada pembaca menambah wawasan dan pengetahuan umumnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis pendekatan yang digunakan yaitu memilih analisis regresi sederhana dimana penulis ingin melihat perubahan pada variabel X akan diikuti oleh perubahan variabel Y secara tetap. penelitian ini berlokasi di SMP Qur’an Al Fajar dilakukan pada siswa dan siswi kelas VII. Waktu penelitian ini dimulai dari bulan oktober sampai bulan november 2021. Berdasarkan pengolahan dan analisis data dengan dibantu program SPSS versi 22 diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 19,5 % artinya pengaruh penggunaan media sosial whatsaap dengan motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi whatsaap terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajar matematika di SMP Qur’an Al Fajar sebesar 37,2%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...