Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing berbasis socio scientific issues terhadap communication skills siswa pada materi keanekaragaman hayati. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAS PAB 4 Sampali. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 25 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes-t. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan komunikasi tulis siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran active knowledge sharing lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan test-t yang dapatkan t hitung = 2,628 dengan melihat krikteria uji taraf 5% diperolah t tabel = 2,008, dimana dengan krikteria uji t hitung lebih besar dari t tabel = 2,628>2,008, sehingga H0 ditolak, berarti Ha diterima
Copyrights © 2021