JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Evaluasi Program Manajemen Perpustakaan di SMK Penerbangan PBD Medan Menggunakan Model CIPP

Amiruddin, Amiruddin (Unknown)
Robby, Ahmad Dai (Unknown)
Efendi, Iswar (Unknown)
Siregar, Siti Kholilah (Unknown)
Rahman, Muhammad Yandi (Unknown)
Al-Adawiyah, Rabiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi program manajemen perpustakaan di SMK Penerbangan PBD Medan menggunakan model CIPP. Adapun jenis penelitian ini, yaitu kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan kajian dokumen sekolah. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Akhirnya, keabsahan data diuji melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen perpustakaan di SMK Penerbangan PBD Medan belum optimal. Hal ini ditandai dengan ketidakselarasan antara tujuan perpustakaan sebagai sarana penyedia bacaan dengan realita di sekolah tersebut, di mana perpustakaan terkadang ditemukan tanpa penjaga (pustakawan/wati) dan siswa berkenan meminjam buku hanya bila ada penugasan dari guru. Atas dasar ini, disarankan perlu adanya sosialisasi tentang manajemen perpustakaan sekolah yang baik. Guru sebagai pendidik harus lebih mendidik siswa agar mau belajar dan berkunjung ke perpustakaan sekolah, karena tujuan perpustakaannya tersebut sangat baik dan menguntungkan bagi mutu pendidikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...