Kepemimpinan instruksional kepala sekolah diakui memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan guru dalam melakukan pembelajaran. Untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan para guru, maka diperlukan kajian dan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap langkah-langkah yang dilakukan oleh kepala sekolah Intis School Balikpapan dalam meningkatkan literasi digital guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksploratif, data dihasilkan melaui wawancara dengan partisipan yang terdiri dari guru-guru, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa langkah-langkah yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan literasi digital guru adalah sebagai berikut: (a) Membuat perencanaan. (b) Menyelenggarakan workshop/seminar. (c) Memberikan motivasi, bimbingan dan pemahaman kepada para guru terkait cognitive flexibility. (d) Mengikutsertakan para guru dalam pelatihan mengoperasikan aplikasi-aplikasi pembelajaran.
Copyrights © 2022