JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengaruh Penerapan Model GDL Berbasis LSLC Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 15 Padang

Mahesa, Anggita (Unknown)
Yerimadesi, Yerimadesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2022

Abstract

Pelaksanaan kurikulum 2013 belum maksimal dalam proses pembelajaran karena berpusat pada guru. Materi Elekrolisis sulit untuk dipahami. Dengan adanya pengaruh pandemi justru berdampak negatif terhadap hasil belajar siswa. Solusinya guru harus melaksanakan LSLC untuk membentuk komunitas dan berkolaborasi dalam memperbaiki proses pembelajaraan saat ini. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model GDL berbasis LSLC terhadap hasil belajar siswa pada materi elektrolisis di SMA Negeri 15 Padang. Penelitian ini tergolong kepada eksperimen semu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Hasil analisis data didapatkan bahwa sampel terdistribusi normal dan homogen, maka uji hipotesis dilakukan dengan uji-t pada . Diperoleh thitung 5,08 dk 68 dan nilai ttabel 1,67. Nilai thitung > ttabel artinya hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran GDL berbasis LSLC lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran GDL berbasis LSLC pada materi elektrolisis di SMA Negeri 15 Padang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...