Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dari Struktur Kognitif pada Konsep Limit Fungsi

Simin Simin (Universitas Tanjungpura)
Ahmad Yani T. (Universitas Tanjungpura)
Bistari Bistari (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa sekolah menengah atas yang kurang memiliki kemampuan literasi matematis yang menyebabkan tidak pahamnya siswa dalam memahami konsep limit fungsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji literasi matematis siswa sekolah menengah atas dari struktur kognitif pada konsep limit fungsi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa-siswa sekolah menengah atas yang telah mempelajari konsep limit fungsi yang berjumlah 36 siswa. Responden ini kemudian dibagi menjadi tiga kelompok siswa berdasarkan struktur kognitifnya. Kriteria pemilihan responden pada penelitian ini berdasarkan kemampuan literasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa struktur kognitif siswa sekolah menengah atas pada konsep limit fungsi dapat dikembangkan melalui literasi matematis dengan tahapan identifikasi, pemodelan, prosedural, dan konfirmasi. Siswa dengan struktur kognitif rendah hanya bisa mencapai level 2 literasi matematis pada konsep limit fungsi. Siswa dengan struktur kognitif sedang dan tinggi sama-sama hanya bisa mencapai level 3 literasi matematis pada konsep limit fungsi. Pengembangan literasi matematis ini penting untuk dilanjutkan, terutama pada aspek konten dan konteks.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...