Metafora: Education, Social Sciences and Humanities Journal
Vol. 3 No. 1 (2019): Education in New Competition Global Era

Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Metode Permainan Pasang Pohon Berbuah

Endang Susilowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode Permainan Pasang Pohon Berbuah.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di kelas VII A SMPN 2 Menganti Gresik yang dilakukan dalam 3 siklus. Siklus1, 2 , dan 3 masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi tahapan planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa : 1) soal tes formatif ; 2) lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Permainan Pasang Pohon Berbuah terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada babKerajaan Islam di Indonesia.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

metafora

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Metafora : Education, Social Sciences and Humanities Journal published by Universitas Negeri Surabaya cooperates with Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antrapologi Indonesia (APPSANTI) under the management of the Department of Social Sciences (MOU), discuss about education, social and ...