BIHARI: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH DAN ILMU SEJARAH
Vol 3, No 2 (2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21 TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH EROPA

Herdin Muhtarom (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Dora Kurniasih (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hasil dari pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Pembelajaran Sejarah Eropa. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode penelitian Mixed Methods. Proses mengumpulkan data penelitian dengan menyebarkan isi kuesioner/angket terhadap mahasiswa pendidikan sejarah. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa para responden setuju dengan penerapan model pembelajaran abad 21 terhadap pembelajaran sejarah Eropa sudah efektif dalam pembelajaran, selain itu responden menyatakan lebih menyukai jenis model pembelajaran Small Group Discusision (SGD). Dan sebanyak 41 responden yang mengisi kuesioner ini,  terdapat 39 responden (95%)  lebih menyukai media pembelajaran sejarah Eropa dengan menggunakan jenis media Audio-Visual.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bihari

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini fokus pada hasil penelitian dan non penelitian berupa gagasan konseptual di bidang pendidikan sejarah dan ilmu ...