AbstrakPenelitian ini membahas pengaruh penggunaan bahasa komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh para pedagang berbahasa Sunda terhadap tingkat penjulannya di kabupaten Purwakarta. Purwakarta merupakan wilayah yang terus berkembang dan tidak menutup diri terhadap pengaruh luar. Banyak pendatang yang tinggal di Purwakarta diantaranya pendatang dari China, Arab, dan India yang sudah menjadi penduduk Purwakarta. Pada umumnya pendatang tersebut berprofesi sebagai pedagang yang tersebar dibeberapa wilayah Purwakarta. Walau demikian penggunaan bahasa yang mereka gunakan rata-rata bahasa Sunda. Pada saat berdagang penggunaan bahasa Sunda lebih mendominasi ketika melakukan transaksi dengan para konsumen, hasilnya komunikasi tersebut sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan dan minat beli masyarakat.Yang ingin diketahui dari penelitian ini adalah; bagaimana situasi penggunaan bahasa ketika transaksi jual beli dengan para pembeli yang berasal dari suku/daerah lain. Bahasa apa yang digunakan pada saat para pedagang berinteraksi di ruang public dengan pedagang lain. Dan apakah komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap tingkat penjualan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan perspektif penyesuaian identitas dan jenis studi etnografi komunikasi. Subjek penelitian adalah para pedagang berbahasa Sunda yang tinggal di wilayah Purwakarta, baik pedagang di pasar tradisional maupun pedagang di pasar modern yang dipilihsecarapurposif. Pengumpulan data diperolehmelaluiobservasi lapangan, wawancara secara mendalam, rekaman, partisipasi pasif, dana analisis dokumen. Aktivitas komunikasi interpersonal para pedagang berbahasa Sunda sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan, pengaruh tersebut dapat terlihat dari seberapa besar minat beli konsumen yang berbelanja. Berdasarkan hasil observasi di lapangan menunjukan bahwa pedagang yang komunikatif dan menggunakan Sunda terbukti tingkat penjualannya lebih tinggi dan selalu mengalami peningkatan, dibandingkan dengan pedagang yang hanya aktif menggunakan bahasa Indonesia /kaku dan tidak komunikatif dengan pembeli yang berbeda bahasa, baik di pasar tradisional maupun di pasar modern wilayah Purwakarta.Kata Kunci:Pengaruh bahasa, komunikasi interpersonal, dan tingkat penjualan
Copyrights © 2020