AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kompetensi pedagogik guru di PAUD PKK Kecamatan Pontianak Timur yang belum linier S1 PGPAUD melalui pelatihan peningkatan kompetensi pedagogik guru PAUD PKK di Kecamatan Pontianak Timur. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Desember tahun 2020 hingga bulan Mei 2021  di Aula Kantor Kecamatan Pontianak Timur dengan jumlah peserta 16 guru. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan seperti perencanaan, pelaksanaan dan penilaian melalui dua model pelatihan offline dan online. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, hasil pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pretes peserta pelatihan yaitu 273 atau 81,9% dan nilai postes peserta pelatihan berjumlah 435 atau 130,5%, dengan kata lain pelaksanaan pelatihan peningkatan kompentensi pedagogik guru di PAUD PKK Kecamatan Pontianak Timur berhasil dengan efektif dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap kompetensi pedagogik. Kata Kunci: Pelatihan Peningkatan, Kompetensi Pedagogik. AbstractThis study aims to enhance teachers' pedagogical competence through pedagogy and teacher  training. In this study, as many as 16 teachers of PAUD PKK who did not graduate from the educational department in Early Childhood Education participated from December 2020 to May 2021 in the East Pontianak District Office Hall. Using a descriptive method and a qualitative approach, the researcher involved some phases, namely planning, implementation and assessment. The instrument of data collection were observation, interviews, documentation, pre-test and post-test results. The results showed that the pre-test scores of the trainees were 273 or 81.9%, and the post-test scores of the trainees were 435 or 130.5%. In other words, the implementation of pedagogy and teacher  training conducted to teachers of PAUD PKK  East Pontianak District is effective in enhancing teachers’ pedagogy competence. Keywords: Enhancement Training, Pedadogy Competence
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022