Jurnal Sains Sosio Humaniora
Vol. 5 No. 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, Desember 2021

Pengaruh Media Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga berbasis Budaya Banten dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SD Kelas IV

Suparji Rustam (Universitas Terbuka, Indonesia)
Ajat Sudrajat (Universitas Terbuka, Indonesia)
Supriadi Supriadi (Universitas Terbuka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SD kelas IV dan masih terdapat siswa yang belum mengetahui kebudayaan Banten serta motvasi belajar yang rendah dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran permainan ular tangga berbasis budaya Banten dapat mengarahkan siswa untuk lebih aktif dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Kelas IV di SD Negeri Rancabango III Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang tahun pelajaran 2020/2021 dan teknik pengambilan sample dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling sehingga diperoleh dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok tersebut diberikan perlakuan yag berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis budaya Banten lebih unggul dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori; 2) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara media pembelajaran permainan ular tangga berbasis budaya Banten dan motivasi belajar terhadap kemampuan matematik siswa SD kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis budaya Banten lebih unggul dari pada kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori, 2) terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan matematik siswa kelas IV SD.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSSH

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Sains Sosio Humaniora (JJSH) |E-ISSN: 2580-2305|P-ISSN: 2580-1244|is an open-access published by Research institutions and community service (LPPM), Universitas Jambi, Indonesia. receives research-based and conceptual articles in the fields of humanities and social science which have not been ...