Literasi sains merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh individu agar memiliki kesempatan yang lebih besar terhadap dinamika kehidupan dan untuk meningkatkan perkembangan bangsa lebih besar. Berkaitan dengan hal tersebut sangat penting untuk menanamkan kesadaran kepada generasi muda tentang kondisi dan potensi lingkungan; salah satunya melalui pendidikan. Kesadaran peserta didik terhadap masalah lingkungan sejalan dengan tingkat pengetahuan dan keterampilan literasi ilmiah lingkungan. Lingkungan budidaya laut telah dikembangkan menjadi objek bahan ajar dan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan literasi sains di sekolah daerah pesisir lombok timur. objek lembar kerja peserta didik berbasis Budidaya laut menjadi inspirasi terhadap kalangan pendidikan khususnya sebagai kegiatan pengabdian pada masyarakat bagi Dosen-dosen di lingkungan Universitas Mataram, sehingga kerja sama bidang pengabdian dilakukan bersama dalam pemanfaatan inovasi lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis ramah lingkungan. Tujuan kegiatan ini adalah menindak lanjuti pengembangan objek belajar lembar kerja peserta didik berbasis budidaya laut ramah lingkungan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik dan menjadikannya sebagai obyek riset berbagai pengembangan ilmu pengetahuan dan multi disiplin ilmu sehingga terjadi perubahan mindset bahwa lingkungan budidaya laut daerah pesisir Lombok timur tidak hanya sebagai penujang perekonomian akan tetapi dapat menjadi penunjang Pendidikan yang memberikan pengetahuan bagi siswa dalam sistem manajemen budidaya laut ramah lingkungan dan memanfaatkan lingkungan Budidaya laut secara arif dan bijaksana. Selain itu dari program ini dapat dihasilkan publikasi pada jurnal yang memiliki ISSN.
Copyrights © 2021