JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 7 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Manajemen Perencanaan Dan Pelaksanaan Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Ibun

Supriani, Yuli (Unknown)
Juhana, Hendri (Unknown)
Najili, Hakin (Unknown)
Syah, Muhibbin (Unknown)
Erihadiana, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran serta menganalisis tentang Manajemen Perencanaan dan Pelaksanaan Pendidikan Islam pada proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada pendekatan kualitatif ini yaitu dengan metode studi kasus. Metode penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu situasi atau bidang tertentu secara analisis, sistematis faktual dan teliti. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pendidikan islam pada proses pembelajaran di MA Al-Hidayah Ibun yaitu sebagai berikut : a) Guru membuat perangkat pembelajaran, b) Guru menetapkan tujuan pembelajaran, c) Guru memilih dan mengembangkan bahan pengajaran, d) Guru memilih media pengajaran yang sesuai, dan e) Guru memilih dan memanfaatkan sumber belajar. 2) Pelaksanaan pendidikan islam pada proses pembelajaran di MA Al-Hidayah Ibun yaitu sebagai berikut: a) Guru menciptakan iklim/suasana pembelajaran yang tepat, b) Guru mengamati kegiatan pembelajaran, c) Guru mengatur siswa dalam kegiatan pembelajaran, d) Guru memilih dan menetapkan metode pembelajaran yang dianggap paling tepat dan efektif, e) Guru menilai prestasi belajar peserta didik, dan f) Guru melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...