JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 8 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Epistemologi Islam Klasik dan Kontemporer

Suhada, Dodo (Unknown)
Fatah Natsir, Nanat (Unknown)
Haryanti, Erni (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kajian epistemologi islam klasik dan kontemporer. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research), bahwa studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi keilmuan dalam hal ini Universitas Islam Negeri yang ada di Indonesia memiliki konsep Islamic knowledge atau ilmu-ilmu keislaman yang dikembangkan oleh masing-masing pergurun tinggi itu sendiri, dengan kata lain adalah ilmu pengetahuan yang  dibangun ini berlandaskan nilai-nilai ajaran Islam sebagaimana tertuang dalam sumber ajarannya yang utama, yakni al-Qur’an dan al-Sunnah, dan Ijma’. Kemudian kontekstualisasinya terhadap Perkembangan Pendidikan di Indonesia dalam hal ini Universitas Islam Negeri (UIN) di Indonesia yang memiliki integrasi konsep dan tujuan serta ciri khas masing-masing perguruan tinggi, ada keunikan tersendiri, misalnya UIN sunan Gunung Djati Bandung  dengan jargonnya yaitu wahyu memandu ilmu, kemudian UIN Sunan Kalijaga dengan Konsep Jaring Laba-laba yang merupakan metafora simplifikasi konsep paradigma keilmuan Integrasi-Interkoneksi, yang merupakan sebuah pendekatan dalam pembidangan matakuliah yang mencakup tiga dimensi pengembangan ilmu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...