JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 1 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Tipologi Integrasi Ilmu Agama dalam Pemikiran Islam Kontemporer

Kardi, Kardi (Unknown)
Natsir, Nanat Fatah (Unknown)
Haryanti, Erni (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang tipologi integrasi ilmu agama dalam pemikiran islam kontemporer. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan (library research), bahwa studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kajian tipologi adalah suatu ilmu yang mempelajari sesuatu tentang type, ilmu yang mempelajari tentang pengelompokan berdasarkan tipe atau jenis secara spesifik, tipologi berasal dari dua suku kata yaitu tiupo yang berarti pengelompokan dan logos adalah yang mempunyai arti ilmu atau bidang ilmu. Sedangkan menurut Budi A. Sukanda adalah sebuah pengklasifikasian sebuah type berdasarkan atas penelusuran terhadap asal- usul. Menurut Ian R Barbour mengusulkan empat tipologi untuk memetakan pendekatan yang dipakai dalam hubungan antara ilmu (Sains) dan agama yakni tipologi Konflik, tipologi independensi, tipilogi dialog, dan tipologi integrasi. Ke empat pendekatan tersebut adalah untuk memetakan bagaimana pendekatan tipologi integrasi ilmu agama yakni pembauran antara ilmu dan agama hingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat. Ide integrasi pertama kali digagas oleh sayyed hosein Nasr tahun 1976, kemudian gagasan itu dilanjutkan oleh Syeik Muhammad Naqib.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...