JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 2 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Penerapan Media Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini di TK Aisyiyah 6 dan TK YWKA Kota Bandung

Sugesti, Yeti Amal (Unknown)
Rostini, Deti (Unknown)
Sudrajat, Adjat (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji dan menganalisis penerapan model pembelajaran talking stick anak Usia Dini di Kota Bandung. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Perencanaan penerapan media pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan perkembangan bahasa keterampilan berbicara anak usia dini di Kota Bandung di susun bersama kepala TK, para guru dan disosialiasikan kepada orang tua murid dalam bentuk Rencana Semesteran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dengan perbedoman Kurikulum 2013 PAUD. (2) Pengorganisasian  penerapan media pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan perkembangan bahasa keterampilan berbicara anak usia dini di Kota Bandung mencakup  Ideal jumlah anak dalam kelas, kelompok anak usia dini berdasarkan umur anak, alokasi waktu belajar anak usia dini. (3) Pengarahan  penerapan pembelajaran Talking Stick antara lain: guru menyiapkan sebuah tongkat dan materi yang akan di gunakan dan anak menjawab pertanyaan yang ada di tongkat. (4) Pengevaluasian penerapan metode pelaksanaan pembelajaran Talking Sick yaitu melatih keterampilan berbicara pada anak, mendorong keberanian, menmbah kosa kata dan menguji kesiapan mental anak. Simpulan penelitian Penerapan Media Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini, menunjukan bahwa model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan perkembanagan keterampilan bicara anak usia dini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...