MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS PADA SISWA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL-KINESTETIK

Faradila, Lisa (Unknown)
Wibowo, Teguh (Unknown)
Purwoko, Riawan Yudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif matematis yang dimiliki oleh siswa dengan gaya belajar kombinasi, yaitu visual-kinestetik dalam memecahkan masalah matematika mengenai bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan subjek pada penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive. Subjek pada penelitian ini adalah siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020 yang pada akhirnya hanya diambil dua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, hasil tes kemampuan berpikir reflektif matematis (KBRM), hasil wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes KBRM. Teknik analisis yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual-kinestetik mampu melakukan proses berpikir reflektif matematis diantaranya: a) menganalogi dan mengidentifikasi suatu rencana penyelesaian permasalahan dengan melibatkan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya, b) menginterpretasikan apa yang ada pada soal sesuai dengan rencana awalnya dengan sedikit modifikasi. Selain itu, dalam penelitian ini juga memunculkan adanya berpikir kritis siswa yaitu  ketika siswa melakukan interpretasi masalah, mengevaluasi, dan menganalogikan kesimpulan akhir dari berbagai jawaban yang telah ditemukan.  Kata-kata kunci: KBRM, Pemecahan Masalah, Gaya Belajar Visual-Kinestetik. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...