MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BARISAN GEOMETRI

Rismayantini, Rismayantini (Unknown)
Nurajizah, Siti (Unknown)
Hidayat, Wahyu (Unknown)
Rohaeti, Euis Eti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2020

Abstract

Abstrak:Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan geometri. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, penelitian ini diujikan pada siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Tut Wuri Handayani yang berjumlah 19 orang siswa. Instrumen penelitiannya merupakan instrumen tes yaitu 4 butir soal mengenai materi barisan geometri. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan geometri yaitu kurangnya kelengkapan informasi termasuk penulisan informasi diketahui, penulisan rumus maupun penulisan kesimpulan, belum mampu menentukan rasio, masih kebingungan mengenai rumus yang akan digunakan, belum mampu menentukan suku ke-n serta kelirunya proses perhitungan. Kata-kata kunci: Barisan Geometri, Deskriptif Kualitatif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...