Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 1 (2022): January 2022

Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring di Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Untan Pontianak

Nurmila Sari Djau (Universitas Tanjungpura)
Asfar Munir (Universitas Tanjungpura)
Imam Ghozali (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana persepsi Mahasiswa terhadap pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Untan Pontianak (2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung maupun penghambat terlaksananya pembelajaran daring. Jenis penelitian merupakan Deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data peneliti berasal dari informan, observasi, dokumen yang berkaitan dengan pembelajaran daring. Adapun analisis data meliputi, reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa hampir keseluruhan mahasiswa baik Pendidikan Seni Musik maupun Tari berpendapat bahwa mata kuliah praktek sebaiknya dilaksanakan secara tatap muka dengan alasan mahasiswa masih bergantung pada peralatan penunjang perkuliahan yang ada di kampus. Dengan pembelajaran tatap muka mata kuliah praktik lebih mudah dipahami terutama pada teknik memainkan alat musik bagi mahasiswa musik dan juga teknik gerak bagi mahasiswa tari. Sedangkan mata kuliah teori mahasiswa memilih daring. Namun tidak dipungkiri ada mata kuliah tertentu bersifat teori, menurut mahasiswa lebih baik dilaksanakan secara tatap muka, contohnya: Teori Musik, Harmoni, notasi tari, hal ini disebabkan mata kuliah tersebut membutuhkan pemahaman yang lebih dalam. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi pelaksanaan mata kuliah secara daring maupun tatap muka berdasarkan persepsi mahasiswa dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...