Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran rhoudhatul athfal dalam menanamkan anti radikalisme pada anak usia dini. Subjek penelitian ini lima guru rhaudhatul athfal (RA) di Jakarta. Metode penelitian mengunakan penelitian kualitatif yang mengambarkan perencanaan guru RA dalam menyiapkan pembelajaran anti radikalisme, metode pembelajaran yang digunakan untuk mencegah radikalisme serta wawasan guru terkait dengan radikalism. Metode pengumpulan mengunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisa data mengunakan langkah-langkah pengumpulan data, display data dan reduksi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru belum memiliki perencaan khusus namun sikap-sikap anti radikalisme misalnya toleransi dan sopan santun sudah diajarkan di sekolah, materi anti radikalisme dapat dimuat dalam tema negaraku dan lingkungan. Metode yang dapat digunakan untuk menanamkan anti radikalisme adalah ceramah, diskusi,. keteladanan, pebiasaan dan tanya jawab. Waktu menanamkan sikap anti radikalism pada saat proses pembelajaran dan diluar pembelajaran.
Copyrights © 2022