Jambura Early Childhood Education Journal
Vol 4 No 1 (2022): Jambura Early Childhood Education Journal

Pengaruh Teknik Constant Time Delay terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini dan Konsentrasi Belajar

Harahap, Muthmainnah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Membaca merupakan kemampuan penting yang anak miliki sejak usia dini. Metode, strategi dan teknik yang bervariasi menuntut guru menemukan teknik yang lebih efektif untuk mengembangkan kemampuan anak. Contant Time Delay menjadi teknik yang efektif menggunakan kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca anak dan konsentrasi belajar anak. Metode penelitian kuantitatif dengan jenis quashi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan instrumen tes. Intrumen diuji dengan uji validitas, uji realibitas dan analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Konsentrasi belajar anak yang menggunakan teknik constant time delay melalui kartu bergambar lebih tinggi dibandingkan menggunakan teknik konvensional melalui kartu bergambar, yaitu 78% untuk kelas kontrol dan 90% untuk kelas eksperimen. 2) Kemampuan membaca anak menggunakan teknik constant time delay melalui kartu bergambar lebih tinggi dibandingkan menggunakan teknik konvensional melalui kartu bergambar, yaitu 81,25 untuk kelas kontrol dan 88,75 untuk kelas eksperimen. 3) Hasil analisis data thitung sebesar 3 dengan α 0,05 (ttabel, = 2,10092) dengan dk =18. Kesimpulan teknik constant time delay berpengaruh untuk meningkatkan konsentrasi belajar dan kemampuan membaca anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jecej

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jambura Early Childhood Education Journal is a journal that focuses on early childhood studies, discussing parents-child relationship, multiple intelligences, and pedagogies. This journal is published by the Education Teacher and Early Childhood Education Department, Gorontalo State University, ...