Abstrak: Coronavirus Diseanse (Covid-19) ditetapkan sebagai Public Health Emergency of International Concern, maka sejak itu pula muncul berbagai problematika ditengah kehidupan masyarkat. Tidak hanya berdampak pada masalah kesehatan, tetapi juga permasalahan sosial dan ekonomi lainnya. Pengangguran semakin meningkat sementara tingkat kesejahteraan masyarakat semakin menipis. Permasalahan ini tentu saja muncul karena adanya pengurangan tenaga kerja yang dilakuakan oleh suatu perusahan, Hal ini tanpa terkecuali juga berlaku terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Untuk itulah pentingnya melakukan upaya pemulihan di sektor UMKM yang salah satunya melalui optimalisasi pemanfaatan media sosial. Adapun permaslahan yang akan dibahas yaitu tentang bagaimana pengaruh pandemic Covid-19 terhadap UMKM dan bagaimana optimalisasi pemanfaatan media informasi bagi UMKM sebagai solusi pertahanan ekonomi ditengah pandemic Covid-19. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemafaatan media sosial sebagai sarana pemasaran ataupun promosi bagi pelaku UMKM merupakan hal yang sangat efektif untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan berdasarkan survei yang dilakukan oleh beberapa kalangan menunjukkan bahwa angka pengguna media sosial pada masa pandemi Covid-19 meningkat secara signifikan berbanding dengan sebelum adanya pandemi. Optimalisasi yang dapat dilakukan bagi pelaku UMKM diantaranya yaitu dengan melakukan promosi dengan iklan yang menarik melalui berbagai platform media sosial.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021