Jurnal Citra Pendidikan
Vol 1 No 4 (2021)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK LKS BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING (DISCOVERY LEARNING) SETTING ETNOMATEMATIKA NGADA PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 1 JEREBUU

Yohana Woli (STKIP Citra Bakti)
Melkior Wewe (STKIP Citra Bakti)
Maria Carmelita Tali Wangge (STKIP Citra Bakti)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing setting etnomatematika Ngada pada materi lingkaran. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari lima tahapan utama, yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari: (1) Lembar validasi Lembar Kerja Siswa (LKS) meliputi lembar penilaian ahli materi dan ahli desain pembelajaran, (2) Lembar penilaian Kepraktisan Lembar Kerja Siswa (LKS) meliputi lembar penilaian respon guru dan lembar penilaian respon siswa. Data yang diperoleh dilakukan dengan metode analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh, memperlihatkan kapasitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing setting etnomatematika Ngada pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Jerebuu dengan nilai kevalidan 4,18 yang berkriteria baik dan nilai kepraktisan 4,65 yang berkriteria sangat baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Arts Chemistry Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal Citra Pendidikan (JCP) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan (JCP) didekasikan untuk karya tulis berupa kajian pustaka, hasil penelitian, dan kajian meta-analisis dalam bidang pendidikan dan ilmu ...