Perbedaan gaya belajar setiap individu satu dengan individu lain mempunyai perbedan. Gaya belajar menjadi fokus masalah, bagaimana cara setiap peserta didik dalam belajar. Dengan adanya pemahaman gaya belajar yang diharapkan kemampuan berpikir dapat ditingkatkan berdasarkan gaya belajar masing-masing peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif dan kritis matematis peserta didik smk dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya belajar Kolb. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek yang digunakan merupakan peserta didik kelas XI SMK 2 Mei Bandarlampung dengan pemilihan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian diperoleh peserta didik converger, diverger, accomodator, dan assimilator memiliki karakteristik kemampuan berpikir reflektif dan berpikir kritis matematis yang berbeda pada setiap indikator. Perlu adanya pengembangan metode untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan berpikir kritis matematis pada masing-masing tipe gaya belajar Kolb.
Copyrights © 2021